TY - THES ID - UNY44250 UR - http://eprints.uny.ac.id/44250/ AV - restricted M1 - skripsi A1 - Wulandari, Wulandari A1 - Retnawati, Heri TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KOMPETENSI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan Problem Based Learning pada kompetensi statistika SMP kelas VII serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran terdiri dari lembar penilaian RPP dan LKS untuk menilai kevalidannya, angket respon guru untuk menilai kepraktisan RPP, angket respon siswa untuk menilai kepraktisan LKS, lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifannya. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata skor kevalidan RPP yaitu 4,11 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi baik (x > 4,2) dan rata-rata skor kevalidan LKS yaitu 4,01 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi baik (x > 4,2). Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor respon siswa sebesar 3 dari skor masimal 4 dengan klasifikasi baik( ? ) dan rata-rata skor respon guru sebesar 3,01 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik ( ? ) serta hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Selain itu, kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kefektifan memperoleh kriteria efektif. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 93,5 dan persentasi ketuntasan siswa sebesar 100%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Kompetensi Statistika, Prestasi. Y1 - 2016/08/26/ PB - UNY ER -