<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA"^^ . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA\r\nOleh Gita Anantari\r\nNIM 06201241017\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan\r\npembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XC SMA Negeri 5 Yogyakarta\r\ndengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).\r\nSubjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 5 Yogyakarta yang\r\nberjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)\r\ndengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Data diperoleh dengan teknik\r\npengamatan, catatan lapangan, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes menulis\r\ncerpen. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan\r\ndata diperoleh melalui tanya jawab dengan teman sejawat dan triangulasi. Kriteria\r\nkeberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan, baik\r\nterkait dengan guru maupun siswa dalam hal proses maupun produk.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pembelajaran berbasis\r\nmasalah dalam meningkatkan pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XC\r\nSMA Negeri 5 Yogyakarta mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa. Guru\r\nmemberikan apresiasi yang tinggi atas pembelajaran menulis cerpen melalui PBM.\r\nSiswa pun merasa lebih senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran\r\nmenulis cerpen. Kedua, PBM dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XC\r\nSMA Negeri 5 Yogyakarta dalam menulis cerpen. Ini terlihat dari nilai rata-rata\r\nyang meningkat pada siklus I dan siklus II. Pada saat pratindakan, rata-rata nilai\r\nsiswa adalah 62. Pada akhir siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat\r\nmenjadi 69,85, dan pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 72,79. Dengan\r\ndemikian, nilai rata-rata menulis cerpen mengalami peningkatan sebesar 16,86 %\r\ndari pratindakan hingga siklus II."^^ . "2012-04-16" . . . "FBS UNY"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY"^^ . . . . . . . . . "Gita"^^ . "Anantari"^^ . "Gita Anantari"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Gita Anantari_06201241017.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #44222 \n\nUPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \nPADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .