@phdthesis{UNY44209, month = {July}, author = {Fitri Rahmawati}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN) DI KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA}, school = {FBS UNY}, year = {2012}, keywords = {CERPEN, SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44209/}, abstract = {UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN) DI KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA oleh Fitri Rahmawati NIM 05201244035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen cerpen dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan) di kelas X SMA N 1 Depok Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa XE SMA N 1 Depok Yogyakarta. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan strategi 3M (meniru-mengolahmengembangkan). Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen dengan strategi 3M (meniru-mengolahmengembangkan) pada siswa kelas XE SMA N 1 Depok Yogyakarta diawali dengan proses meniru lalu dilanjutkan dengan proses mengolah dan terakhir adalah proses mengembangkan. Penerapan strategi 3M (meniru-mengolahmengembangkan) dapat meningkatkan proses dan produk belajar siswa. Peningkatan proses siswa pada akhir tindakan siklus I, yaitu siswa menjadi cukup antusias, semangat, gembira, aktif dalam menulis cerpen. Pada akhir tindakan siklus II terlihat peningkatan proses, yaitu antusias dan semangat yang ditunjukkan siswa dalam menulis cerpen lebih besar, aktif, dan percaya diri. Peningkatan produk ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketutasan tes hasil belajar. Skor rata-rata yang dicapai siswa sebelum proses tindakan adalah 67,97. Pada akhir tindakan siklus I skor rata-rata yang diperoleh sebesar 70,45 sehingga mengalami peningkatan 2,48 poin. Pada akhir siklus II skor rata-rata yang diperoleh sebesar 84,11 sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,66 poin dari siklus I. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XE SMA N 1 Depok Yogyakarta.} }