<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak\r\ntunarungu kelas VI SDLB di SLB-B Wiyata Dharma I Tempel melalui permainan\r\ntradisional pasaran.\r\nJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian\r\nTindakan kelas (Classroom Action Class) yang bersifat kolaboratif. Desain\r\npenelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Teggart. Ada empat\r\nkomponen dari penelitian tindakan yang dikembangkan yaitu perencanaan,\r\ntindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa tunarungu\r\nkelas VI SDLB yang berjumlah 7 siswa, yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 4\r\nsiswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan\r\ndata dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik\r\nanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial pada anak\r\ntunarungu kelas VI SDLB dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional\r\npasaran. Hal ini dibuktikan dari analisis hasil meningkatnya pencapaian\r\nketerampilan sosial oleh siswa. Berdasarkan analisis data pada akhir siklus I\r\ndiperoleh peningkatan bahwa 2 dari 7 anak mampu mencapai skor maksimal\r\naspek keterampilan sosial sebesar 28,57%. Analisis data akhir tindakan siklus II\r\ndiperoleh semua anak (7 anak) mampu mencapai skor maksimal sebesar 100%.\r\nDari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 71,43%. Proses yang dilakukan dalam\r\nbermain tradisional pasaran, meliputi, (1) guru menyiapkan alat untuk bermain\r\ntradisional pasaran, (2) guru menjelaskan secara rinci teknik bermain pasaran, (3)\r\nguru memberi contoh “mendemonstrasikan” cara bertransaksi dan tawar menawar\r\ndalam bermain pasaran di hadapan siswa, (4) guru memberikan kebebasan kepada\r\nanak untuk memilih peran yang akan dimainkan, (5) guru memberikan umpan\r\nbalik terhadap performance anak, (6) anak mendapat kesempatan melakukan\r\npermainan, (7) agar lebih tertib, anak bergantian dalam bertransaksi melakukan\r\npermainan tradisional pasaran."^^ . "2014-08-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Puspa Rini"^^ . "Hapsari"^^ . "Puspa Rini Hapsari"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL (Text)"^^ . . . "09103244030_HAPSARI PUSPA RINI.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU\r\nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN\r\nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #44186 \n\nPENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU \nKELAS VI SDLB MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN \nDI SLB-B WIYATA DHARMA I TEMPEL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .