@phdthesis{UNY44185,
           month = {December},
          author = {Budi Prilastuti Lisa},
           title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
MELALUI MEDIA FOTO SERI PADA ANAK TUNARUNGU
KELAS IV SDLB WIYATA DHARMA I TEMPEL
SLEMAN YOGYAKARTA},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2014},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/44185/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa tunarungu kelas IV SLB Wiyata Dharma I Tempel melalui
penggunaan media foto seri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah 2 orang siswa tunarungu. Penelitian terdiri dari atas 2 siklus. Siklus
pertama terdiri atas 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca pemahaman,
observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah desktriptif
kuantitatif dengan persentase. Data disajikan dalam bentuk analisis, tabel dan
grafik histogram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakan media foto seri
kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu mengalami peningkatan.
Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman AY yaitu sebesar 75\%, dari
kondisi awal 60 menjadi 75 dengan predikat baik, dan kemampuan membaca
pemahaman subjek RZ sebesar 60\%, dari kondisi awal 50 menjadi 60 dengan
predikat cukup. Peningkatan tersebut diperoleh melalui penggunaan media foto
seri dalam pembelajaran membaca pemahaman sesuai dengan urutan kejadian
dalam bacaan. Siswa diberikan kesempatan bertanya jika menemukan kesulitan.
Pada siklus II kemampuan membaca pemahaman yaitu AY sebesar 90\%, kondisi
awal 60 menjadi 90 dengan predikat baik, dan subyek RZ sebesar 77,5\%, kondisi
awal 50 menjadi 77,5 dengan predikat cukup. Peningkatan tersebut diperoleh
melalui tindakan yang hampir sama dengan siklus I dan guru memberikan pujian
kepada siswa agar lebih termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran.}
}