<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG"^^ . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG\r\noleh\r\nDwi Widyastuti\r\nNIM 08201241021\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis\r\nnaskah drama, antara kelompok yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kreatifproduktif\r\ndan kelompok yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran kreatifproduktif\r\ndi kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang, (2)\r\nmenguji kefektifan strategi pembelajaran kreatif-produktif dalam pembelajaran menulis\r\nnaskah drama siswa kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten\r\nRembang.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang\r\ndigunakan adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah\r\nsiswa kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.\r\nPenentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik\r\ntersebut, ditetapkan kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan\r\nkelas VIII D sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan\r\nmenggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas\r\nisi yang disusun berdasarkan kurikulum SMP/MTs. Reliabilitas instrumen dihitung\r\ndengan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t\r\ndengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan\r\npengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas.\r\nHasil penelitian menunjukkan, posttest kedua kelompok diperoleh th sebesar\r\n8,354, dengan db=58 dan p sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, pretest\r\ndan posttest kelompok kontrol diperoleh th sebesar 0,538 dengan db=29 dan p sebesar\r\n0,594, sedangkan pretest dan posttest pada kelompok eksperimen diperoleh th sebesar\r\n8,398 dengan db=29 dan p sebesar 0,000. Simpulan penelitian ini adalah (1) ada\r\nperbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII\r\nMTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang yang diajar menggunakan\r\nstrategi pembelajaran kreatif-produktif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan\r\nstrategi pembelajaran kreatif-produktif; (2) pembelajaran menulis naskah drama dengan\r\nmenggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif bagi kelas VIII MTs Maslakul\r\nHuda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang lebih efektif dibandingkan dengan\r\npembelajaran menulis naskah drama tanpa strategi pembelajaran kreatif-produktif.\r\nKata-kata kunci: keefektifan, strategi pembelajaran, kreatif-produktif, menulis naskah\r\ndrama, siswa MTs."^^ . "2013-03-25" . . . "FBS UNY"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY"^^ . . . . . . . . . "Dwi"^^ . "Widyastuti"^^ . "Dwi Widyastuti"^^ . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG (Text)"^^ . . . "Dwi Widyastuti_08201241021.pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF\r\nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII\r\nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE\r\nKABUPATEN REMBANG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #44173 \n\nKEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF \nPADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII \nMTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE \nKABUPATEN REMBANG\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .