<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA"^^ . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA\r\nOleh Dhany Nugrahani Arifah\r\nNIM 05201241035\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bahasa\r\nvariasi bahasa yang digunakan oleh guru dan faktor-faktor yang memengaruhi\r\npenggunaan bentuk-bentuk variasi bahasanya dan fungsi bahasa dalam interaksi\r\npembelajaran pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.\r\nSubjek penelitian ini adalah tuturan bahasa yang digunakan guru. Objek\r\npenelitian ini adalah variasi bahasa yang digunakan guru dalam pembelajaran,\r\nmeliputi penggunaan bentuk-bentuk bahasa variasi bahasa yang digunakan oleh\r\nguru dan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bentuk-bentuk variasi\r\nbahasanya dan fungsi bahasa yang digunakan. Data diperoleh dengan metode\r\nsimak dan wawancara, dengan teknik lanjutan dari metode simak meliputi: teknik\r\nsimak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Desain penelitian ini\r\nadalah deskriptif kualitatif. Metode analisis data menggunakan metode padan dan\r\nagih. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunaan\r\npengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bentuk variasi bahasa yang\r\ndigunakan guru dalam interaksi belajar mengajar adalah ragam resmi, usaha,\r\nsantai dan akrab.usaha. Dari keempat ragam tersebut ragam usaha merupakan\r\nragam yang paling dominan digunakan karena merupakan rgam yang paling\r\noperasional. Ragam santai menjadi pilihan kedua karena digunakan untuk\r\nmenciptakan suasana belajar yang komunikatif dan akrab. (2) Faktor-faktor yang\r\nmemengaruhi penggunaan bentuk bahasa adalah situasi, topik pembicaraan, dan\r\nmaksud. (3) Fungsi bahasa yang digunakan dalam interaksi pembelajaran pada\r\nsiswa tunagrahita adalah fungsi instrumental, representasional, interaksional,\r\npersonal, heuristik dan imajinatif. Fungsi bahasa yang paling sering digunakan\r\nadalah fungsi instrumental. Fungsi heuristik yang menjadi fungsi terbanyak\r\ndigunakan setelah fungsi instrumental selaras dengan metode komunikasi guru\r\nyang cenderung bersifat tanya jawab"^^ . "2012-09-05" . . . "FBS UNY"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY"^^ . . . . . . . . . "Dhany"^^ . "Nugrahani A"^^ . "Dhany Nugrahani A"^^ . . . . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Dhany Nugrahani Arifah_05201241035.pdf"^^ . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN\r\nPADA SISWA TUNAGRAHITA\r\nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #44165 \n\nVARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN \nPADA SISWA TUNAGRAHITA \nDI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .