%I PGSD %D 2016 %T TINDAKAN REFLEKTIF GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI REJOWINANGUN 1 KOTA GEDE YOGYAKARTA %A Yulia Maya Puspita %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan reflektif guru bersertifikat pendidik di sd negeri rejowinangun 1 kota gede yogyakarta. fokus penelitian yang diajukan adalah kompetensi profesional dalam aspek mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif di SD Negeri Rejowinangun 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bersertifikat pendidik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bersertifikat pendidik, rekan sejawat, dan kepala sekolah. Adapun objek penelitian ini adalah tindakan reflektif guru bersertifikat pendidik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles & Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bersertifikat pendidik melakukan refleksi tertulis pada pembelajaran setiap satu semester sekali. Guru menggunakan hasil refleksi sebagai pertimbangan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Tidak semua guru bersertifikat pendidik pernah melakukan penelitian tindakan kelas. Guru bersertifikat pendidik meningkatkan kemampuan dengan belajar dari buku panduan, seminar, internet, dan informasi dari rekan sejawatnya. Kata kunci: tindakan reflektif, guru bersertifikat pendidik %L UNY44126