%I UNY %D 2010 %T Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah di SMP Taman Dewasa Cangkringan, Sleman %L UNY44118 %X Tesis ini bertujuan mendeskripsikan SMP Taman Dewasa Cangrkingan dari segi: (1) strategi peningkatan mutu, (2) pengembangan budaya sekolah sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, dan (3) dampak pengembangan budaya sekolah terhadap mutu pendidikan. Jenis penelitian adalah kualitatif naturalistik. Subjek penelitian adalah SMP Taman Dewasa Cangkirngan Sleman, yang meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, pengurus komite sekolah, serta masyarakat sekitar. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah (1) wawancara mendalam, (2) pengamatan, dan (3) dokumentasi. Untuk mencari kredibilitas data digunakan cara: (1) memperpanjang waktu penelitian, (2) triangulasi data, dan (3) klarifikasi hasil penelitian kepada subjek penelitian. Analisis data meliputi (1) mereduksi data, (2) menampilkan data, dan (3) memverifikasi untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Strategi peningkatan mutu pendidikan SMP Taman Dewasa Cangkringan meliputi: pondok paguron/proses pembelajaran dengan cara menginap di sekolah, tambahan jam, pelibatan stakeholders pada semua kegiatan, (2) Budaya sekolah telah berhasil dikembangkan meliputi: budaya disiplin, pengembangan nilai-nilai kemanusiaan, kecintaan terhadap sekolah, rohaniah, dan iklim kerja, (3) Budaya sekolah telah berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan yang ditunjukkan oleh kenaikan mutu prestasi kelulusan naik dari tahun ke tahun, animo masyarakat terhadap sekolah tinggi, dan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. %A Tutik Nurdiana %K mutu pendidikan, budaya sekolah