%A Indrawan Firdauzi %X Uang elektronik merupakan salah satu langkah yang baik dalam sistem pembayaran di Indonesia. Semua kegiatan dilakukan secara elektronik dan memungkinkan adanya pencatatan secara langsung saat bertransaksi. Dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan uang elektronik dipengaruhi beberapa faktor. Penelitian ini memiliki 3 variabel endogen yaitu kemampuan finansial, perilaku konsumen dan kemudahan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat penggunaan uang elektronik. Penelitian ini merupakan studi eksploratif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner yang berjumlah 130 responden. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM) untuk memverifikasi faktor-faktor yang menentukan faktor temuan terhadap minat penggunaan uang elektronik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel kemampuan finansial berpengaruh positif signifikan terhadap minat sebesar 17,2%. (2) Variabel kemampuan finansial berpengaruh positif terhadap kemudahan sebesar 54,7%. (3) Variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen sebesar 82,4%. (4) Variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat sebesar 66,8%. (5) Variabel perilaku konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat sebesar 69,3%. Kata kunci: Kemampuan finansial, Kemudahan, Perilaku Konsumen, Minat, Uang elektronik %L UNY44100 %T PENGARUH KEMAMPUAN FINANSIAL, KEMUDAHAN, DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DI KOTA YOGYAKARTA %I Fakultas Ekonomi %D 2016