%D 2016 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK KELAS IX SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA %L UNY44053 %A Betha Chendekia Puruhita %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar siswa dan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar seni musik kelas IX SMP N 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, termasuk dalam jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel sebanyak 63 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar seni musik kelas IX SMP N 4 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung 4,492>1,998 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, dan koefisien regresi sebesar 1,071; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar seni musik kelas IX SMP N 4 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung 4,918>1,998 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, dan koefisien regresi sebesar 1,259; dan (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara motivasi belajar siswa dan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar seni musik kelas IX SMP N 4 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari F hitung sebesar 42,625>3,150 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05.