?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43906%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)&rft.creator=Eriskiwati%2C+Eriskiwati&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+mata+kuliah+wajib+yang%0D%0Aditempuh+mahasiswa+jurusan+kependidikan+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+Program%0D%0Aini+merupakan+kesempatan+bagi+mahasiswa+untuk+mempraktikkan+beragam+teori%0D%0Ayang+mereka+terima+di+bangku+kuliah.+Praktik+Pengalaman+Lapangan+ini+bertujuan%0D%0Auntuk+mendapatkan+pengalaman+tentang+proses+pembelajaran+dan+kegiatan%0D%0Apersekolahan+lainnya+yang+digunakan+sebagai+bekal+untuk+menjadi+tenaga+pendidik%0D%0Ayang+memiliki+nilai%2C+sikap%2C+pengetahuan%2C+dan+ketrampilan+yang+dibutuhkan.%0D%0AKegiatan+PPL+merupakan+pelaksanaan+kegiatan+pembelajaran+sesuai+dengan%0D%0Akompetensi+yang+dimiliki+oleh+Mahasiswa+yaitu+dalam+bidang+pendidikan.+Praktik%0D%0APengalaman+Lapangan+(PPL)+Universitas+Negeri+Yogyakarta+tahun+2014+yang%0D%0Aberlokasi+di+SMP+N+3+Depok%2C+mulai+dilaksanakan+pada+tanggal+2+Juli+2014+sampai%0D%0Atanggal+17+September+2014.+Sebelum+menyusun+dan+merencanakan+program+PPL+ini%2C%0D%0Adilakukan+observasi+yang+berupa+observasi+fisik+dan+non+fisik+serta+observasi%0D%0Apembelajaran+kelas.+Dalam+hal+ini+Praktik+Pengalaman+Lapangan+melakukan%0D%0Akegiatan+mengajar+baik+yang+bersifat+terbimbing+maupun+yang+bersifat+mandiri.%0D%0ADalam+kegiatan+PPL+ini+Mahasiswa+menjalankan+program+mengajar+minimal+8+kali%0D%0Apertemuan.+Program+mengajar+menggunakan+diskusi+(Cooperative+learning)%2Cdan%0D%0Ademonstrasi.+Untuk+mendukung+metode+yang+digunakan+pada+saat+mengajar%0D%0Adibutuhkan+media+pendukung+meliputi+alat+pembelajaran+dan+LKS.+Praktikan+telah%0D%0Amenyeselesaikan+tugas+mengajar+sebanyak+4+kelas+yaitu+di+kelas+VII+A%2C+VII+C%2C+dan%0D%0AVIII+A%2C+VIII+C%2C+untuk+mata+pelajaran+Bahasa+Jawa.+Praktikan+telah+dapat+mengajar%0D%0Asebanyak+15+kali+dan+mengadakan+ulangan+harian+sebanyak+satu+kali+untuk+mata%0D%0Apelajaran+Bahasa+Jawa.%0D%0AKegiatan+belajar+yang+dilakukan+adalah+pembelajaran+di+kelas.+Banyak%0D%0Akendala+dan+hambatan+dalam+melakukan+PPL+baik+yang+berasal+dari+intern+maupun%0D%0Avii%0D%0Aekstern.+Adapun+beberapa+hambatan+pada+waktu+mengajar+antara+lain+pengelolaan%0D%0Akelas+karena+peserta+didik+sulit+tidak+bisa+berbahasa+jawa+untuk+beberapa+anak%2C%0D%0Asehingga+harus+diterjemahkan+ke+dalam+bahasa+Indonesia.+Namun%2C+semua+itu%0D%0Amerupakan+sebuah+proses+menuju+yang+lebih+baik.+Dengan+adanya+kegiatan+PPL+ini%2C%0D%0Apraktikan+mendapat+bekal+pangalaman+dan+gambaran+nyata+tentang+kegiatan+dalam%0D%0Adunia+pendidikan+khususnya+di+sekolah.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43906%2F1%2F103.docx&rft.identifier=++Eriskiwati%2C+Eriskiwati++(2014)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++