%D 2010 %I UNY %T Keefektifan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Yogyakarta %L UNY43904 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai tingkat kesenjangan antara kondisi riil tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Yogyakarta dengan kondisi ideal tenaga pendidik di sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Intenasional). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputusan dan penyempurnaan mekanisme pengelolaan pembelajaran terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program, model discrepancy. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan sampel penelitian adalah Kepala Sekolah, guru dan murid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1)kondisi riil SDM guru; (a)hanya 5 guru atau 7,6% dari persyaratan minimum yang lulus S2; (b)kesesuaian tugas mengajar dengan latar belakang pendidikan guru, 96,9%, hasilnya kemampuan mengajar efektif; (c)kemampuan pedagogik dan profesional guru, 38% atau kurang efektif; (d)usaha pengembangan diri yang dilakukan oleh guru, 76,7% atau cukup efektif; 2)perencanaan program pengembangan SDM guru, 86,6% atau efektif; 3)pengorganisasian program pengembangan SDM guru, 76,7% atau cukup efektif; 4)pelaksanaan program pengembangan SDM guru berdasarkan kesesuaian susunan rencana program dengan keterlaksanaan program, 66,7% termasuk dalam kategori cukup efektif, sedangkan pelaksanaan program pengembangan untuk kepala sekolah, 73,3% masuk dalam kategori cukup efektif dan; 5)pengawasan program pengembangan SDM guru, 73,3% atau cukup efektif. %A Ririn Wahyu Priyanti %K manajemen pengembangan, sumber daya manusia