TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Wates pada mata pelajaran IPS Semester ganjil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelas yang diberi pembelajaran dengan metode jigsaw dengan kelas yang diberi pembelajaran dengan metode make a match. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental research dengan desin pretest-posttest nonequivalent multiple group design. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dari populasi yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri2 Wates. Secara acak terpilih 50 siswa dari total 126 siswa kemudian dibagi dua untuk dibentuk kelas eksperimen yaitu 25 siswa pada kelas eksperimen 1 dan 25 siswa pada kelas eksperrimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Validitas instrumen dihitung dengan product moment dan uji reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach?s. Analisis data menggunakan analisis Independent Sample T-test untuk perhitungan tes hasil belajar. Hasil analisis uji-t dari hasil tes hasil belajar menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar IPS di kelas eskperimen 1 (jigsaw) lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 (make a match). Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelas yang diberi penerapan dengan metode jigsaw dengan kelas yang diberi penerapan dengan metode make a match di SMP Negeri 2 Wates. Kata kunci : metode jigsaw, metode make a match, hasil belajar, IPS. UR - http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php ID - UNY43861 Y1 - 2016/// A1 - Susetyo, Dhamar Adhi PB - FIS TI - PERBEDAAN PENERAPAN METODE JIGSAW DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WATES AV - public ER -