eprintid: 43803 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1190 dir: disk0/00/04/38/03 datestamp: 2016-11-21 05:34:59 lastmod: 2019-01-30 11:53:37 status_changed: 2016-11-21 05:34:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Laras, Pangestuti creators_id: paud@uny.ac.id title: PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK ABA PANTISIWI SERUT BANTUL ispublished: pub subjects: pssd_pgpaud divisions: fip_paud full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK ABA Pantisiwi Serut, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment design (desain eksperimen semu). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK ABA Pantisiwi yang berjumlah 40 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test dan mean post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell pada kelas eksperimen mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul. Hal ini dibuktikan dengan hasil mean pre-test dan mean post-test kelompok eksperimen dari 6,63 menjadi 8,47, sedangkan kelompok kontrol dari 6,76 menjadi 7,71. Kenaikan hasil mean yang signifikan pada kelompok eksperimen berarti menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A di TK ABA Pantisiwi Serut Bantul. Kata kunci: metode, show and tell, kemampuan berbicara. date: 2016-11-21 date_type: published institution: PAUD department: Fakultas Ilmu Pendidikan thesis_type: skripsi citation: Laras, Pangestuti (2016) PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK ABA PANTISIWI SERUT BANTUL. S1 thesis, PAUD. document_url: http://eprints.uny.ac.id/43803/1/Laras%20Pangestuti_12111241039.pdf