TY - THES A1 - Laras, Pangestuti N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK ABA Pantisiwi Serut, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment design (desain eksperimen semu). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK ABA Pantisiwi yang berjumlah 40 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test dan mean post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell pada kelas eksperimen mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul. Hal ini dibuktikan dengan hasil mean pre-test dan mean post-test kelompok eksperimen dari 6,63 menjadi 8,47, sedangkan kelompok kontrol dari 6,76 menjadi 7,71. Kenaikan hasil mean yang signifikan pada kelompok eksperimen berarti menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A di TK ABA Pantisiwi Serut Bantul. Kata kunci: metode, show and tell, kemampuan berbicara. TI - PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK ABA PANTISIWI SERUT BANTUL M1 - skripsi PB - PAUD UR - http://eprints.uny.ac.id/43803/ Y1 - 2016/11/21/ AV - restricted ID - UNY43803 ER -