TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) model Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan strategi Concept Mapping (CM) terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep materi sistem regulasi siswa kelas XI di SMA N 10 Yogyakarta dan (2) kombinasi model STAD dengan strategi Concept Mapping (STAD+CM) terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem regulasi di SMA N 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 10 Yogyakarta yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi yang terbagi dalam 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 siswa. Kelas eksperimen terdiri dari kelas STAD+CM, kelas STAD, dan kelas CM. Kelas kontrol merupakan kelas dengan model Konvensional. Pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar skala Likert. Pengumpulan data pemahaman konsep siswa menggunakan tes pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis menggunakan ANOVA dan uji lanjut Dunnet, dan data yang tidak memenuhi asumsi parametrik dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji lanjut Mann-Withney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model STAD berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep materi sistem regulasi siswa kelas XI di SMA N 10 Yogyakarta, (2) strategi CM tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep materi sistem regulasi siswa kelas XI di SMA N 10 Yogyakarta, dan (3) kombinasi model STAD dengan strategi CM berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem regulasi di SMA N 10 Yogyakarta. TI - Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif STAD disertai Strategi Concept Mapping terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Regulasi pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Yogyakarta AV - public M1 - tesis ID - UNY43779 PB - UNY A1 - Alamsyah, Muhammad Radian Nur Y1 - 2016/10/31/ KW - STAD KW - Concept Mapping KW - Motivasi Belajar KW - Pemahaman Konsep KW - Sistem Regulasi UR - http://eprints.uny.ac.id/43779/ ER -