TY - THES TI - PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU ?KEJUJURAN? UNTUK SISWA KELAS 2 SD 1 PATALAN JETIS BANTUL AV - restricted ID - UNY43777 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/43777/ N2 - Penelitian ini bertujuan menghasilkan Alat Permainan Edukatif (APE) kartu ?kejujuran? yang layak untuk untuk siswa kelas dua SD 1 Patalan Jetis Bantul. Media ini diharapkan mampu menjadi media penunjang pendidikan karakter terutama sikap kejujuran dalam kehidupan sehari-hari Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan modifikasi model Borg & Gall dan Dick & Carey. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada delapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan, (4) uji coba awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk utama; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua SD 1 Patalan Jetis Bantul. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan angket. Hasil penelitian ini adalah Alat Permainan Edukatif (APE) kartu ?kejujuran? untuk siswa kelas dua SD 1 Patalan Jetis Bantul yang layak digunakan sebagai media penunjang pendidikan karakter terutama sikap kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji validasi materi (4, 3) dan uji validasi ahli media (3, 95). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal melibatkan 5 siswa. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh persentase sebesar 85,7% sehingga memenuhi kriteria layak. Uji lapangan utama melibatkan 10 siswa diperoleh presentase 82,85%, sedangkan hasil uji coba operasional melibatkan 21 siswa dan memperoleh presentase 85,7%. Selain itu, siswa mengalami perkembangan pengetahuan tentang apa itu kejujuran setelah menggunakan kartu ?Kejujuran? dengan skor akhir 85,7% dengan skor sebelum menggunakan Kartu ?Kejujuran? hanya 59%. Hasil keseluruhan penilaian uji coba Alat Permainan Edukatif (APE) kartu ?kejujuran? ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai kejujuran. Y1 - 2016/11/10/ A1 - Ihfani, Latif PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -