?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43748%2F&rft.title=LAPORAN%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)&rft.creator=Ruly+Anggraeny%2C+Ruly+Anggraeny&rft.subject=LPPMP&rft.description=Pelaksanaan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+kegiatan%0D%0Aterpadu+dan+saling+mendukung+satu+dengan+lainnya+dalam+rangka+mengembangkan%0D%0Akompetensi+mahasiswa+sebagai+calon+guru+atau+tenaga+kependidikan+yang%0D%0Aprofesional.+Penyelenggaraan+program+PPL+secara+terpadu+bertujuan+untuk%0D%0Amemberikan+pengalaman+belajar+yang+bagus+dan+bermutu%2C+memperluas+wawasan%2C%0D%0Amelatih+dan+mengembangkan+kompetensi+yang+diperlukan+dalam+bidangnya%2C%0D%0Ameningkatkan+keterampilan%2C+kemandirian%2C+tanggungjawab%2C+dan+kemampuan+dalam%0D%0Amemecahkan+masalah.+Tujuan+lain+adalah+memberikan+gambaran+dan+pengalaman%0D%0Alangsung+kepada+mahasiswa+dalam+hal+alokasi+waktu%2C+perencanaan+program%2C%0D%0Apengelolaan%2C+dan+pendanaan+yang+efisien+dan+efektif.%0D%0APelaksanaan+PPL+dilaksanakan+sejak+tanggal+1+Juli+hingga+17+September+2014%0D%0Adengan+didahului+oleh+observasi+dan+analisis+situasi+guna+perumusan+program+PPL.%0D%0ADalam+bimbingan+PPL%2C+mahasiswa+(penulis)+mendapatkan+kesempatan+untuk%0D%0Amelaksanakan+pembelajaran+di+kelas+VII+A%2C+VII+B%2C+VII+C%2C+dan+VII+D+serta%0D%0Amenggantikan+guru+untuk+mengajar+di+kelas+IX+B%2C+IX+D+dan+IX+F+masing-masing%0D%0Asatu+kali+tatap+muka.+Mahasiswa+melakukan+praktik+mengajar+sebanyak+16+kali+tatap%0D%0Amuka+yaitu+meliputi+pembimbingan+dan+pemberian+materi+serta+8+kali+tatap+muka%0D%0Ayang+meliputi+ulangan+dan+remidial.+Kurikulum+yang+digunakan+adalah+kurikulum%0D%0A2013+dan+sistem+yang+digunakan+adalah+sistem+pembelajaran+Kurikulum+2013%2C%0D%0Abegitupun+dengan+penulisan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajarannya+(RPP).%0D%0APenggunaan+metode+pembelajaran+yang+diterapkan+adalah+dengan+metode+ceramah%2C%0D%0Adiskusi%2C+permainan%2C+latihan+soal%2C+dan+kerja+kelompok+(diskusi).+Sedangkan+media%0D%0Ayang+digunakan+adalah+kartu+berwarna%2C+kartu+gambar+imajinasi%2C+latihan+soal%2C+papan%0D%0Atulis%2C+spidol%2C+lembar+kerja+dan+mengadakan+post+test+untuk+mengetahui+kemampuan%0D%0Apeserta+didik+dalam+menyerap+materi+pelajaran.%0D%0AMateri+yang+disampaikan+dalam+pelaksanaan+PPL+adalah+materi+unggahungguh%2C%0D%0Acangkriman+parikan%2C+dan+cerita+pengalaman+pribadi.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43748%2F1%2F103.docx&rft.identifier=++Ruly+Anggraeny%2C+Ruly+Anggraeny++(2014)+LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++