TY - THES AV - public KW - pembinaan kepala sekolah KW - pembinaan pengawas KW - imbal jasa KW - pengalaman diklat KW - kinerja guru TI - Pengaruh Pembinaan Kepala Sekolah, Pembinaan Pengawas, Imbal Jasa, dan Pengalaman Diklat terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri Kota Surabaya ID - UNY43707 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/43707/ Y1 - 2010/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan kepala sekolah, pembinaan pengawas, pemberian imbal jasa, dan pengalaman diklat secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kinerja guru dalam pembelajaran PAI. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif ekplanatoris. Populasi penelitian adalah seluruh guru PAI kelas IX SMP Negeri Kota Surabaya tahun pelajaran 2008-2009 sebanyak 81 orang. Sampel diambil sebanyak 66 guru PAI dengan menggunakan tabel penarikan sampel Krejcie, dan Morgan, D.W. untuk taraf signifikansi 95%. Di samping guru PAI, juga dipilih 330 siswa kelas IX sebagai informan atas kinerja guru. Teknik sampling guru dilakukan dengan cara proportional random sampling. Data primer dikumpulkan dengan skala inventori yang dikembangkan dari Likert. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Secara deskriptif pembinaan kepala sekolah kepada guru PAI tergolong kurang baik, pembinaan pengawas juga kurang baik, pemberian imbal jasa tergolong baik, pengalaman diklat guru PAI juga tergolong baik, kinerja guru dalam pembelajaran PAI baik menurut persepsi guru maupun siswa tergolong kurang baik. (2) Persamaan regresi yang diperoleh adalah ? = -4.256 + 0.254 X1 + -0.143 X2 + 0.203 X3 + 0.693 X4 dengan ? = kinerja guru dalam pembelajaran PAI, X1 = pembinaan kepala sekolah, X2 = pembinaan pengawas, X3 = pemberian imbal jasa, dan X4 = pengalaman diklat. (3) Secara bersama-sama pembinaan kepala sekolah, pembinaan pengawas, imbal jasa, dan pengalaman diklat berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran PAI. (F = 49.950; R2 = 0.766; df = 4 : 66; p < 0.05). Sumbangan efektifnya terhadap kinerja guru sebesar 76.6%. (4) Secara parsial pembinaan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = 0.398; t = 5.467; p < .05) dengan sumbangan efektifnya 39.8%; pembinaan pengawas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = -0.093; t = -1.443; p > .05); imbal jasa secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = 0.254; t = 4.524; p < .05) dengan sumbangan efektifnya 25.4%; dan pengalaman diklat secara parsial juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = 0.229; t = 3.905; p < .05) dengan sumbangan efektifnya 22.9%. A1 - Suhadak, Muh. PB - UNY ER -