TY - RPRT AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ID - UNY43692 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/43692/ Y1 - 2014/// N2 - Praktik Pengalaman lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah utnuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memeperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Negeri 8 Purworejodilaksanakan pada tanggal 14 Juli sampai 17September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 8 Purworejomeliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, Silabus serta perangkat Evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket UKS, piket perpustakaan, dan lain-lain. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA Negeri 8 Purworejopada bulan Juli-September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan kesempatan yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapatkan dari kampus.Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependididkan yang kompeten dalam bidang masing-masing.Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan vi dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar A1 - NOBI SUKARYA, NOBI SUKARYA PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -