@phdthesis{UNY43660, year = {2016}, author = {Muhammad Fahrur Safi?i}, title = {Pelaksanaan Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan}, school = {FIS}, url = {http://eprints.uny.ac.id/43660/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dalam meningkatkan jumlah wisatawan beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, informan penelitian adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Pengelola Obyek Wisata Ketep Pass, Pengelola Obyek Wisata Taman Rekreasi Mendut, Pengunjung Obyek Wisata Ketep Pass, Pengunjung Obyek Wisata Taman Rekreasi Mendut. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan alat bantu berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dalam meningkatkan jumlah wisatawan terbagi menjadi tiga strategi yaitu: (1) Pelaksanaan strategi program mencakup pameran promosi Gebyar Wisata Nusantara Nasional, pembuatan booklet dan peta wisata, promosi melalui media cetak dan elektronik, pembinaan forum komunikasi dan kerjasama pelaku wisata, roadshow promotion, festival kuliner, pengelolaan obyek wisata, pengelolaan obyek wisata Ketep Pass, penataan lingkungan obyek wisata; (2) Pelaksanaan strategi anggaran mencakup pengangaran dana operasional, dan dana sarana prasarana oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, dengan sumber dari APBD Kab. Magelang, DIPA Disparbud Kab. Magelang dan APBD Provinsi Jawa Tengah; (3) Pelaksaan strategi prosedur tidak ada, hanya berupa penyusunan Rencana Kegiatan Administrasi (RKA) dan Daftar Pelaksanaan Administrasi (DPA) untuk obyek wisata. Kata Kunci: Pelaksanaan, Strategi, Wisatawan} }