?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43651%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)&rft.creator=Hariyawan+Candra+Nugraha%2C+Hariyawan+Candra+Nugraha&rft.subject=LPPMP&rft.description=Universitas+Negeri+Yogyakarta+mempunyai+tugas+dan+misi+menyiapkan+atau+menghasilkan+tenaga+kependidikan+yang+memiliki+sikap%2C+pengetahuan%2C+dan+keterampilan+sebagai+tenaga+profesional.+Dalam+menyiapkan+tenaga+pendidikan+tersebut%2C+UNY+memberikan+pengetahuan+dan+keterampilan+bagi+mahasiswa+tentang+proses+belajar+mengajar+melalui+mata+kuliah+Pengantar+Ilmu+Pendidikan%2C+Psikologi+Pendidikan%2C+Pengembangan+Kurikulum%2C+Metodologi+Pembelajaran+Akuntansi%2C+Evaluasi+Pembelajaran+Akuntansi%2C+Pengajaran+Mikro%2C+dan+PPL.+PPL+adalah+kegiatan+latihan+kependidikan+yang+bersifat+wajib+dilaksanakan+oleh+mahasiswa+jurusan+pendidikan+akuntansi+dalam+rangka+memenuhi+persyaratan+sebagai+tenaga+kependidikan+yang+professional+sesuai+dengan+tugas+dan+misi+universitas.+Lokasi+praktikan+melaksanakan+PPL+adalah+di+SMK+Muhammadiyah+Wonosari+yang+beralamatkan+di+Jl.+Alun-alun+Barat+No.11%2C+Wonosari%2C+Kepek%2C+Gunungkidul%2C+55813.%0D%0APraktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+suatu+wadah+untuk+menerapkan%2Fmengaplikasikan+ilmu+yang+selama+ini+telah+dipelajari+dalam+bidang+keahlian+maupun+ilmu+keguruan+yang+berkaitan+dengan+peserta+didik+dalam+proses+belajar+mengajar.+Selain+itu+praktik+mengajar+juga+bertujuan+untuk+menciptakan+calon-calon+pendidik+yang+profesional+sesuai+dengan+bidangnya.+Praktik+mengajar+berperan+dalam+memberi+bekal+bagi+penulis+dalam+dunia+pendidikan+pada+umumnya+dan+sebagai+guru+pada+khususnya.+Praktik+pengalaman+lapangan+atau+praktik+mengajar+ini+mulai+dilaksanakan+pada+tanggal+02+Juli+s.d.+17+September+2014.+Dalam+praktik+mengajar+mahasiswa+terlebih+dahulu+melaksanakan+persiapan+pembelajaran%2C+yaitu+membuat+perencanaan+pembelajaran+dimulai+dengan+membuat+rencana+pelaksanaan+pembelajaran+sampai+dengan+evaluasi+yang+dilaksanakan.+Kemudian+melakukan+koordinasi+dan+konsultasi+kepada+guru+pembimbing+di+sekolah+tersebut.%0D%0ADalam+bimbingan+PPL%2C+mahasiswa+(penulis)+mendapatkan+kesempatan+untuk+melaksanakan+pembelajaran+di+kelas+X+Akuntansi+1+dengan+Mata+Pelajaran+Pengantar+Akuntansi+Keuangan+dan+Dasar-dasar+Perbankan+dengan+rencana+alokasi+waktu+adalah+24+Jam+dengan+masing-masing+jamnya+adalah+sebanyak+45+menit.+Kurikulum+yang+digunakan+adalah+kurikulum+2013+dan+penulisan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajarannya+(RPP)+sesuai+dengan+format+kurikulum+2013.+Penggunaan+metode+pembelajaran+yang+diterapkan+adalah+dengan+diskusi%2C+demonstrasi%2C+penugasan%2C+latihan+soal%2C+dan+kerja+kelompok.+Sedangkan+media+yang+digunakan+adalah+latihan+soal%2C+papan+tulis%2C+spidol%2C+lembar+kerja+dan+mengadakan+post+test+untuk+mengetahui+kemapuan+siswa+dalam+menyerap+materi+pelajaran.%0D%0AKegiatan+praktik+mengajar+dilakukan+di+kelas+X+Akuntansi+1.+Dari+waktu+yang+diberikan+praktikan+dapat+mengajar+sebanyak+8+kali+tatap+muka.+Mata+Pelajaran+yang+dapat+diajarkan+adalah+Pengantar+Akuntansi+Keuangan+dan+Dasar-dasar+Perbankan.+Adapun+materi+pokok+yang%0D%0Adiampu+pada+kelas+X+Akuntansi+1+pada+mata+pelajaran+Pengantar+Akuntansi+Keuangan+adalah+hakikat+akuntansi%2C+pihak-pihak+yang+membutuhkan+informasi+akuntansi%2C+dan+bidang-bidang+spesialisasi+akuntansi.+Materi+pokok+yang+diampu+pada+mata+pelajaran+Dasar-dasar+Perbankan+adalah+hakikat+bank+dan+badan+hukum%2C+kerahasiaan%2C+dan+sumber-sumber+dana+bank.+Alokasi+waktu+untuk+mata+pelajaran+Pengantar+Akuntansi+Keuangan+tiap+pertemuannya+adalah+2+x+45+menit+dan+untuk+Dasar-dasar+Perbankan+alokasi+waktu+3+x+45+menit+per+pertemuan.+Pada+pelaksanaan+PPL+praktikan+juga+mendapat+kesempatan+untuk+belajar+membuat+perangkat+pembelajaran.%0D%0APraktikan+merasa+bahwa+dalam+Praktik+Pengalaman+Lapangan+ini+mendapat+banyak+pengalaman+tentang+dunia+kependidikan+secara+lebih+dekat.+Program+kerja+yang+dirancang+pada+awal+kegiatan+PPL+dapat+dilaksanakan+dengan+lancar.+Secara+garis+besar%2C+kegiatan+PPL+berlangsung+secara+baik%2C+mulai+dari+observasi%2C+pembuatan+administrasi+mengajar%2C+Rencana+Pokok+Pembelajaran%2C+proses+belajar+mengajar+hingga+evaluasi+dan+penyusunan+laporan.+Hambatan+yang+ada+masih+dalam+taraf+wajar%2C+yang+diharapkan+dapat+memberikan+pengalaman+yang+berharga+bagi+praktikan+untuk+lebih+meningkatkan+kualitas%2C+terutama+di+bidang+pendidikan.%0D%0AAdapun+saran+dari+penyusunan+agar+dari+pihak+sekolah+lebih+mengembangkan+fasilitas+yang+bersangkutan+langsung+dengan+proses+pengajaran%2C+bagi+pihak+UNY+supaya+pembekalan+kepada+mahasiswa+PPL+terkait+dengan+proses+pembelajaran+lebih+ditingkatkan%2C+sehingga+untuk+mahasiswa+angkatan+selanjutnya+dapat+memahami+dan+lebih+rajin+mempelajari+tentang+ilmu-ilmu+kependidikan+supaya+kegiatan+PPL+untuk+tahun+berikutnya+berlangsung+lebih+baik.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43651%2F1%2F103.docx&rft.identifier=++Hariyawan+Candra+Nugraha%2C+Hariyawan+Candra+Nugraha++(2014)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++