eprintid: 43629 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/04/36/29 datestamp: 2016-11-15 08:04:33 lastmod: 2019-01-30 11:49:39 status_changed: 2016-11-15 08:04:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yuliawati, Melani title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK B-G-T(BACA-GUNTING-TEMPEL) MENGGUNAKAN MEDIA TEKS DESKRIPSI PAD SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 BERBAH SLEMAN ispublished: submitted subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tindakan kelas dalam pembelajaran menulis puisi dan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan teknik B-G-T (Baca-Gunting-Tempel) menggunakan media teks deskripsi siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Berbah yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik B-G-T (Baca-Gunting-Tempel) menggunakan media teks deskripsi menjadikan siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran menulis puisi, siswa lebih tertarik terhadap media pembelajaran, guru lebih mampu menerapkan teknik B-G-T (Baca-Gunting- Tempel) menggunakan media teks deskripsi, dan kebermanfaatan media dalam proses pembelajaran. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan keterampilan menulis puisi dengan teknik B-G-T (Baca-Gunting-Tempel) menggunakan media teks deskripsi dalam menulis puisi dapat dilihat dari karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 53,56. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 70,09. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata siswa naik menjadi 78. date: 2016-11-15 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Yuliawati, Melani (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK B-G-T(BACA-GUNTING-TEMPEL) MENGGUNAKAN MEDIA TEKS DESKRIPSI PAD SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/43629/1/SKRIPSI%20MELANI%20FULL.pdf