<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)"^^ . "Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau\r\nmenghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan\r\nketerampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan\r\ntersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang\r\nproses belajar mengajar melalui mata kuliah Pendidikan Profesi Guru, Psikologi\r\nPendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Penjas, Evaluasi\r\nPembelajaran Penjas, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan\r\nkependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan\r\nJasmani Kesehatan dan Rekreasi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga\r\nkependidikan yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi\r\npraktikan melaksanakan PPL adalah di SMK Muhammadiyah Wonosari yang\r\nberalamatkan di Jl. Alun-alun Barat No.11, Wonosari, Kepek, Gunungkidul, 55813.\r\nPelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan\r\n(PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan lainnya dalam\r\nrangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga\r\nkependidikan yang profesional. Penyelenggaraan program KKN-PPL secara terpadu\r\nbertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu,\r\nmemperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan\r\ndalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan\r\nkemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran\r\ndan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan\r\nprogram, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif.\r\nPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk\r\nmenerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang\r\nkeahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses\r\nviii\r\nbelajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan\r\ncalon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Praktik mengajar\r\nberperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya\r\ndan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik\r\nmengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September 2014. Dalam\r\npraktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran,\r\nyaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana\r\npelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian\r\nmelakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut.\r\nDalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk\r\nmelaksanakan pembelajaran di kelas XII Multi Media 2, XII Animasi, XII Jasa Boga\r\ndengan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan dengan rencana\r\nalokasi waktu adalah 18 Jam dengan masing-masing jamnya adalah sebanyak 45\r\nmenit. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP dan penulisan Rencana\r\nPelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format kurikulum KTSP.\r\nPenggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan komando dan\r\ndemonstrasi. Sedangkan media yang digunakan adalah lapangan, cone, bola, dan net.\r\nKegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas XII Multi Media 2, XII\r\nAnimasi, XII Jasa Boga. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar\r\nsebanyak 9 kali tatap muka. Materi Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pendidikan\r\nJasmani,Olahraga dan Kesehatan. Adapun materi pokok yang diampu pada kelas\r\nXII Multi Media 2, XII Animasi, XII Jasa Boga pada mata pelajaran Pendidikan\r\nJasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah Permainan bola besar, permainan bola\r\nkecil,Atletik,Beladiri,Kebugaran Jasmani,senam ritmik,renang . Materi Pokok yang\r\ndiampu pada materi pembelajaran permainan bola besar adalah Permainan sepak\r\nbola, Permainan bola basket, Permainan bola voli. Permainan bola kecil meliputi\r\nBulutangkis, Atletik meliputi lari estafet, Beladiri meliputi Pencak Silat, Kebugaran\r\njasmani meliputi latihan daya tahan otot jantung dan paru, Senam ritmik meliputi\r\nrangkaian gerak senam ritmik, Renang meliputi gerak renang gaya dada. Alokasi\r\nwaktu untuk materi pokok tiap pertemuannya adalah 2 x 45 menit. Pada pelaksanaan\r\nPPL praktikan juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat\r\npembelajaran.\r\nPraktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat\r\nbanyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja\r\nyang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara\r\ngaris besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan\r\nadministrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar\r\nix\r\nhingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf\r\nwajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan\r\nuntuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.\r\nAdapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih\r\nmengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran,\r\nbagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses\r\npembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya\r\ndapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan\r\nsupaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik."^^ . "2014" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Laporan ppl"^^ . . . . . . . . "Diyan Yudanto"^^ . "Diyan Yudanto"^^ . "Diyan Yudanto Diyan Yudanto"^^ . . . . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Text)"^^ . . . "103.docx"^^ . . "HTML Summary of #43606 \n\nLAPORAN INDIVIDU \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .