%0 Thesis %9 S1 %A Hidayatussaadah, Rulis %B FMIPA %D 2016 %F UNY:43583 %I UNY %P 119 %T IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA PADA SISWA KELAS X SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/43583/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik dan mengetahui ragam kesulitan belajar dominan yang dialami oleh peserta didik dalam mempelajari materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 1 Muntilan kelas X semester 1 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016 di SMA Negeri 1 Muntilan. Pengumpulan data ragam kesulitan belajar yang dialami peserta didik dilakukan dengan menggunakan angket ragam kesulitan belajar dan soal tes tertulis materi Archaebacteria dan Eubacteria. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ragam kesulitan belajar siswa dalam mempelajari Archaebacteria dan Eubacteria yaitu kesulitan dalam memahami terminologi, memahami konsep, dan menuliskan nama ilmiah. Konsep-konsep dalam materi Archaebacteria dan Eubacteria yang mengakibatkan siswa kesulitan belajar yaitu tentang karakteristik sel dan proses reproduksi Archaebacteria, karakteristik sel dan proses reproduksi Eubacteria, dan klasifikasi Eubacteria berdasarkan jumlah dan letak flagela, metabolisme dan ekologinya, cara memperoleh makanannya, serta karakter dinding selnya. (2) Ragam kesulitan belajar siswa yang dominan dalam mempelajari Archaebacteria dan Eubacteria yaitu pada menuliskan nama ilmiah. Kata kunci: Archaebacteria dan Eubacteria, kesulitan belajar, ragam kesulitan