%L UNY43574
%D 2016
%T MOTIVASI SISWA BELAJAR TARI LENGGER DI SANGGAR TARI RUKUN
PUTRI BUDAYA DUSUN GIYANTI KELURAHAN KADIPATEN
KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO
%A Agnes Agnes Niki Pinesti
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi siswa belajar tari
Lengger di sangar tari Rukun Putri Budaya. Penelitian ini difokuskan pada
motivasi siswa belajar tari Lengger, meliputi: dorongan dari dalam diri, orang tua,
maupun masyarakat, serta sarana dan prasarana sebagai faktor pendukung.
Penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan
pada motivasi siswa sanggar belajar tari Lengger di Dusun Giyanti. Pengumpulan
data diperoleh melalui dokumentasi dan teknik wawancara mendalam. Sumber
data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata- kata dan tindakan, selebihnya
adalah data tambahan seperti sumber tertulis dan foto. Alat bantu yang digunakan
dalam penelitian ini, adalah: alat tulis, buku catatan, perekam video, serta kamera
foto. Analisis data yang digunakan, adalah reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi, dengan teknik
triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi menurut sumbernya
dibedakan menjadi dua yaitu (1) motivasi intrinsik, dorongan dari dalam diri ini
sangat berpengaruh dalam berkembangnya potensi siswa sanggar Rukun Putri
Budaya sebagai penari Lengger. Motivasi intrinsik pada penari Lengger, yaitu
a) melestarikan kesenian rakyat, b) memperoleh tambahan uang. Kendala motivasi
intrinsik, seperti a) pulang malam, b) digoda laki-laki, c) tarian yang keras- keras.
(2) motivasi ekstrinsik, dorongan dari luar yang sangat berpengaruh dalam
berkembangnya potensi siswa. Faktor pendukung motivasi ektrinsik, yaitu
a) keluarga, b) masyarakat, c) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana yang
disediakan berupa a) iringan, b) kostum, c) sesaji.
%I Universitas Negeri Yogyakarta