%0 Thesis
%9 S1
%A Agnes Niki Pinesti, Agnes
%B Jurusan Pendidikan Seni Tari
%D 2016
%F UNY:43574
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T MOTIVASI SISWA BELAJAR TARI LENGGER DI SANGGAR TARI RUKUN  PUTRI BUDAYA DUSUN GIYANTI KELURAHAN KADIPATEN  KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO
%U http://eprints.uny.ac.id/43574/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi siswa belajar tari  Lengger di sangar tari Rukun Putri Budaya. Penelitian ini difokuskan pada  motivasi siswa belajar tari Lengger, meliputi: dorongan dari dalam diri, orang tua,  maupun masyarakat, serta sarana dan prasarana sebagai faktor pendukung.  Penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan  pada motivasi siswa sanggar belajar tari Lengger di Dusun Giyanti. Pengumpulan  data diperoleh melalui dokumentasi dan teknik wawancara mendalam. Sumber  data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata- kata dan tindakan, selebihnya  adalah data tambahan seperti sumber tertulis dan foto. Alat bantu yang digunakan  dalam penelitian ini, adalah: alat tulis, buku catatan, perekam video, serta kamera  foto. Analisis data yang digunakan, adalah reduksi data, penyajian data, dan  kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi, dengan teknik  triangulasi metode.  Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi menurut sumbernya  dibedakan menjadi dua yaitu (1) motivasi intrinsik, dorongan dari dalam diri ini  sangat berpengaruh dalam berkembangnya potensi siswa sanggar Rukun Putri  Budaya sebagai penari Lengger. Motivasi intrinsik pada penari Lengger, yaitu  a) melestarikan kesenian rakyat, b) memperoleh tambahan uang. Kendala motivasi  intrinsik, seperti a) pulang malam, b) digoda laki-laki, c) tarian yang keras- keras.  (2) motivasi ekstrinsik, dorongan dari luar yang sangat berpengaruh dalam  berkembangnya potensi siswa. Faktor pendukung motivasi ektrinsik, yaitu  a) keluarga, b) masyarakat, c) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana yang  disediakan berupa a) iringan, b) kostum, c) sesaji.