<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Keefektifan Peningkatan Manajemen Pembelajaran Sejarah\r\nMelalui Problem Solving di SMP Negeri 25 Surabaya: Riset Aksi di Kelas IX-a SMP Negeri 25 Surabaya Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2008-2009"^^ . "Penelitian ini didasarkan atas fakta empiris bahwa selama ini mayoritas manajemen pembelajaran sejarah di SMP menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan siswa pasif, prestasi belajarnya pun kurang maksimal.\r\nOleh karena itu diperlukan inovasi untuk meningkatkan aktivitas siswa agar prestasi belajarnya meningkat. Metode problem solving merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk maksud tersebut. Oleh karena itu metode tersebut\r\ndigunakan sebagai metode utama dalam riset aksi ini.\r\nMasalah yang diajukan : (1) bagaimana motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah dengan metode problem solving; (2) bagaimana prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah dengan metode problem solving; (3) bagaimana keefektifan penerapan metode problem solving dalam manajemen pembelajaran sejarah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: (1) motivasi belajar siswa dalam manajemen\r\npembelajaran sejarah dengan metode problem solving; (2) prestasi belajar siswa kelas IX-a pada mata pelajaran sejarah setelah mengikuti manajemen pembelajaran dengan metode problem solving; dan (3) Keefektifan metode\r\nproblem solving dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam manajemen pembelajaran sejarah kelas IX-a.\r\nPendekatan yang digunakan adalah riset aksi model “Cyclical” Stephen Kemmis. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-a SMP Negeri 25 Surabaya tahun pelajaran 2008-2009 yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan dengan tes prestasi berbentuk objektif dan essay, skala motivasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik.\r\nTemuan penelitian menunjukkan: 1) Motivasi belajar siswa ternyata cukup tinggi, dan penarapan metode problem solving dalam manajemen pembelajaran sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Penarapan metode problem\r\nsolving dalam manajemen pembelajaran sejarah ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) Penerapan metode problem solving dalam manajemen pembelajaran sejarah ternyata dapat efektif dalam mencapai standar ketuntasan\r\nbelajar dengan pencapaian ketuntasan sebesar 87.80%.\r\nBerdasarkan temuan penelitian tersebut diajukan beberapa saran: 1) hendaknya Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya membuat kebijakan kepada guru IPS untuk menggunakan metode problem solving divariasi dengan diskusi, di samping itu hendaknya memberi kebebasan kepada sekolah negeri untuk\r\nmembatasi jumlah siswa tiap kelasnya agar penerapan metode problem solving dapat lebih efektif. 2) Kepala SMP Negeri 25 Surabaya hendaknya mengharuskan guru-guru IPS untuk menggunakan metode problem solving, jumlah siswa hendaknya diperkecil menjadi 25-30/kelas dan fasilitas belajar hendaknya dilengkapi. Kepada peneliti lain hendaknya mengembangkan temuan ini."^^ . "2010-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Irianti"^^ . "Umami"^^ . "Irianti Umami"^^ . . . . . . "Keefektifan Peningkatan Manajemen Pembelajaran Sejarah\r\nMelalui Problem Solving di SMP Negeri 25 Surabaya: Riset Aksi di Kelas IX-a SMP Negeri 25 Surabaya Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2008-2009 (Text)"^^ . . . "tesis-irianti-umami-01735125.swf"^^ . . "HTML Summary of #43564 \n\nKeefektifan Peningkatan Manajemen Pembelajaran Sejarah \nMelalui Problem Solving di SMP Negeri 25 Surabaya: Riset Aksi di Kelas IX-a SMP Negeri 25 Surabaya Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2008-2009\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .