TY - THES A1 - Sujana, Heri PB - UNY Y1 - 2010/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi program sekolah dengan kebutuhan masyarakat dalam pelaksanaan MPMBS di SMAN I Banguntapan Bantul, ketersediaan sarana dan prasarana dalam pelaksannaan program MPMBS di SMAN I Banguntapan Bantul, keterbukaan dalam pelaksanaan program sekolah pada MPMBS di SMAN I Banguntapan Bantul, dan prestasi akademik dan non akademik siswa dalam pelaksanaan MPMBS di SMAN I Banguntapan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Banguntapan Bantul dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Responden terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah (2 orang), Dewan Sekolah (3 orang), Guru (8 orang), karyawan (4 orang) dan siswa sejumlah 10 orang di SMAN I Banguntapan Bantul. Hasil penelitian diperoleh bahwa program sekolah sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat; sarana dan prasarana sebagaian besar telah memenuhi standar minimal; yang perlu dilengkapi adalah laboratorium bahasa, IPS, dan fisika; kesiapan guru dan karyawan telah memenuhi standar kompetensi pendidikan; keterbukaan pelaksanaan program telah dilakukan dengan adanya pelaporan hasil pelaksanaan program dan pengelolaan keuangan; dukungan masyarakat/Dewan Sekolah diwujudkan dalam partisipasi penyusunan program-program kegiatan sekolah dan menyusunan RAPBS; dan prestasi akedemik dan non akademik siswa dalam pelaksanaan MPMBS setiap tahun mengalami peningkatan. Kendala yang dihadapi guru adalah beban administrasi yang lebih besar, sedangkan bagi siswa adalah beban siswa dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih berat, dan waktu untuk bersosialisasi dengan teman sejawat menjadi semakin sempit karena banyaknya tugas-tugas sekolah yang harus diselesaikan di luar jam belajar. UR - http://eprints.uny.ac.id/43562/ TI - Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di SMA Negeri I Banguntapan Bantul AV - public KW - evaluasi pelaksanaan KW - Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah M1 - tesis ID - UNY43562 ER -