TY - THES A1 - Maigahoaku, Fredrikus Djelahu TI - Sumbangan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Manggarai PB - UNY Y1 - 2010/06/30/ KW - kepemimpinan KW - kepala sekolah KW - iklim sekolah KW - kompetensi guru KW - kinerja guru M1 - tesis AV - public ID - UNY43549 N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya sumbangan variabel kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan kompetensi guru secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Manggarai. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah para guru SMA di Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT yang berjumlah 515 orang dengan sampel sebanyak 208 orang yang dipilih berdasarkan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen pengumpul data berupa kuesioner, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 101 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson Product Moment Correlation. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linear ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat sumbangan yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 5,6% (F = 13,298, p < 0,000); (2) terdapat sumbangan yang signifikan dari iklim sekolah terhadap kinerja guru sebesar 18,5% (F = 47,960, p < 0,000); (3) terdapat sumbangan yang signifikan dari kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 37,9% (F = 127,349, p < 0,000); (4) terdapat sumbangan yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan kompetensi guru secara bersama terhadap kinerja guru sebesar 40,5%, (F = 47,898, p < 0,000). Hal ini berarti jika kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan kompetensi guru ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Manggarai. UR - http://eprints.uny.ac.id/43549/ ER -