TY - THES N2 - Lembar Kerja Siswa (LKS) materi bangun ruang sisi datar Sekolah Menengah Pertama kelas VIII dikembangkan dengan menggunakan pendekatan worked example yang berorientasi pada kemampuan penyelesaian masalah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip-prinsip pendekatan worked example yang berdasarkan pada cognitive load theory pada pengembangan LKS dan mendeskripsikan kualitas LKS berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berparadigma mixed method dengan embedded design. Pengembangan LKS mengikuti prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Kualitas LKS dideskripsikan berdasarkan hasil penilaian kevalidan isi LKS oleh ahli materi dan ahli media (skala 1 ? 5), angket respons siswa dan respons guru (skala 1 ? 4) yang mengukur aspek kepraktisan penggunaan LKS dan tes kemampuan penyelesaian masalah untuk mengukur aspek keefektifan LKS dalam memfasilitasi pembelajaran. Sebanyak 31 siswa kelas VIII SMP Negeri di Sleman Yogyakarta berpartisipasi dalam uji coba LKS tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendekatan worked example dapat diterapkan dalam LKS, antara lain mengatur intrinsic cognitive load sesuai kebutuhan siswa dan meminimalkan extraneous cognitive load. LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. LKS dinyatakan valid karena ahli materi memberikan skor rata-rata 4.47 dan ahli media memberikan skor rata-rata 4.31. LKS dinyatakan praktis karena guru memberikan skor ratarata 3.78 dan siswa memberikan skor rata-rata 3.14 terhadap angket kepraktisan. Sebanyak 68% siswa di kelas uji coba memperoleh nilai tes kemampuan penyelesaian masalah lebih dari nilai ketuntasan minimal, yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa LKS efektif dalam memfasilitasi pembelajaran. Kata Kunci: lembar kerja siswa, worked example, kemampuan penyelesaian masalah, ADDIE, matematika, CLT Y1 - 2016/10/24/ PB - UNY A1 - Nuraini, Novia TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN WORKED EXAMPLE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY43528 UR - http://eprints.uny.ac.id/43528/ ER -