%0 Thesis %9 S1 %A Moh.Syamsuhadi, Kurniawan %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:43524 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PRODUK MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA PERANCIS UNTUK SMA/MA POKOK BAHASAN FUTUR PROCHE %U http://eprints.uny.ac.id/43524/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah produk multimedia sebagai media belajar bahasa Perancis pokok bahasan Futur Proche dan menilai tingkat kelayakan produk multimedia sebelum digunakan sebagai media pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Aplikasi ini divalidasi oleh 3 ahli materi, 2 ahli media, kemudian diujicobakan pada 64 siswa kelas XI MAN 2 Kudus dan SMAN 2 Kudus. Data dikumpulkan dengan angket skala 5 dan wawancara. Kelayakan aplikasi pembelajaran dapat diketahui dengan mengategorikan hasil data penilaian dalam 5 kategori yaitu sangat layak, layak, tidak layak, dan sangat tidak layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran ini secara keseluruhan layak sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan ahli media, pada aspek rekayasa perangkat lunak (76,15%) dan layak pada aspek komunikasi visual (73,33%). Menurut ahli materi, aplikasi ini termasuk sangat layak dalam aspek materi (83,89%), layak pada aspek soal (79,33%), sangat layak pada aspek bahasa (83,33%), dan sangat layak pada keterlaksanaan (91,67%). Kata kunci: Produk Multimedia, Media Belajar, Bahasa Perancis, Futur Proche