@phdthesis{UNY43521, school = {UNY}, year = {2016}, month = {October}, title = {Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karakter Teacherpreneurship Mahasiswa Pendidikan Tata Busana.}, author = {Mita Yuniati}, url = {http://eprints.uny.ac.id/43521/}, keywords = {karakter, teacherpreneurship, mahasiswa pendidikan Tata Busana}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menggambarkan karakter teacherpreneurship mahasiswa pendidikan Tata Busana dan faktor-faktor yang mempengaruhinya; (2) untuk mengungkap seberapa besar pengaruh variabel kecakapan konseptual (X1), kecakapan interpersonal (X2), kecakapan manajemen proyek (X3) dan kecakapan pedagogik (X4) terhadap karakter teacherpreneurship mahasiswa pendidikan Tata Busana; dan (3) untuk mengungkap pengaruh langsung dan tidak langsung kecakapan konseptual (X1), kecakapan interpersonal (X2), kecakapan manajemen proyek (X3) dan kecakapan pedagogik terhadap karakter teacherpreneurship mahasiswa pendidikan Tata Busana. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dan dilanjutkan dengan teknik proportionate random sampling. Sampel penelitian sebanyak 130 mahasiswa yang diperoleh dari tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5\%. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Validasi isi dilakukan dengan expert judgment. Validitas konstruk dihitung dengan analisis korelasi pearson, reliabilitas ditentukan dengan melihat hasil perhitungan berdasarkan Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil penelitian secara deskriptif ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa pendidikan tata busana (69,23\%) memiliki kecakapan konseptual yang tinggi. Sebagian besar mahasiswa pendidikan tata busana (71,54\%) memiliki kecakapan interpersonal yang tinggi. Kecakapan manajemen proyek sebagian besar mahasiswa pendidikan tata busana (53,85\%) termasuk kategori tinggi. Kecakapan pedagogik sebagian besar mahasiswa pendidikan tata busana (67,70\%) termasuk kategori tinggi. Sebagian besar mahasiswa pendidikan tata busana (66,92\%) memiliki karakter teacherpreneurship yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan sebagian kecil lainnya (10,77\%) termasuk kategori sangat baik; (2) Berdasarkan hasil analisis regresi ditemukan bahwa variabel X1 dan X2 secara simultan memberikan sumbangan sebesar 76,4\% terhadap variabel X3, variabel X1, X2 dan X3 secara simultan memberikan sumbangan sebesar 82,4\% terhadap variabel X4, variabel X1, X2, X3, X4 secara simultan memberikan sumbangan sebesar 88,2\% terhadap variabel Y; (3) Berdasarkan hasil penelitian ditemukan. Berdasarkan hasil analisis jalur nilai koefisien jalur secara berurutan: {\ensuremath{\beta}}31=0,482, {\ensuremath{\beta}}32=0,419, {\ensuremath{\beta}}41=0,288, {\ensuremath{\beta}}42=0,307, {\ensuremath{\beta}}43=0,359, {\ensuremath{\beta}}Y1=0,225, {\ensuremath{\beta}}Y2=0,309, {\ensuremath{\beta}}Y3=0,226, {\ensuremath{\beta}}Y4=0,230 Berdasarkan analisis jalur diketahui terdapat sembilan pasangan variabel berpengaruh langsung dan terdapat sembilan pasangan variabel yang berpengaruh tidak langsung.} }