relation: http://eprints.uny.ac.id/43509/ title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 KLATEN creator: Ghazie Arsalan Syihaabullah, Ghazie Arsalan Syihaabullah subject: LPPMP description: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY. Kegiatan PPL fokus kepada hal – hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung. PPL mencakup kegiatan – kegiatan yang dilakukan seorang guru di sekolah, baik itu pengajaran, maupun penyusunan materi dan evaluasi. Jadi, PPL merupakan salah satu program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau suatu lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL mengarahkan mahasiswa kepada pelatihan pengalaman kepada mahasiswa terkait dengan kemampuan profesional dalam pembelajaran. Dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis dan mencari solusi dari berbagai persoalan atau masalah yang dihadapi di dunia pendidikan atau sekolah, khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan di SMP N 1 Klaten yang beralamat di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No.20, Klaten Utara ini telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Berdasarkan hasil observasi ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam melaksanakan PPL meliputi ketersediaan fasilitas dan perlengkapan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pengembangan atau pendampingan kegiatan non fisik, pembenahan lingkungan sekolah, penyusunan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran, praktik pengajaran terbimbing dan mandiri, serta penerapan inovasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahapannya meliputi tahap persiapan pengajaran di kelas dan tahap analisis hasil pembelajaran. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang andal. Kegiatan PPL ini memberikan pemahaman kepada praktikan bahwa menjadi seorang guru/tenaga pendidik itu tidaklah mudah karena banyak hal-hal yang harus dipelajari untuk menjadi guru yang profesional. Praktikan kini lebih menyadari pentingnya profesi seorang guru dan betapa besarnya jasa guru-guru dalam membimbing siswanya. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2014 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/1/Cover%20-%20Abstrak.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/2/Ghazie%20-%20BAB%20I%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/3/Ghazie%20-%20BAB%20II%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/4/Ghazie%20-%20BAB%20III%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/5/Ghazie%20-%20Daftar%20Pustaka%20-%20Lampiran.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/6/Grafik%20Matriks%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/7/Matrix%20PPL%20-%20Ghazie%20%28FIX%29.pdf format: other language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/8/Matrix%20PPL%20-%20Ghazie%20%28FIX%29.xlsx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/9/Laporan%20Mingguan%20PPL%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/10/Silabus%20Print%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/11/RPP%201%20-%20Greetings%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/12/RPP%204%20-%20Days%20and%20Months%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/13/RPP%205%20-%20Dates%20and%20Hours%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/14/RPP%201%20-%20Greetings%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/15/RPP%202%20-%20Thanking%20and%20Apologizing%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/16/RPP%203%20-%20Introducing%20Self%20and%20Others%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/17/RPP%204%20-%20Days%20and%20Months%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/18/RPP%205%20-%20Dates%20and%20Hours%20%28FIX%29.pdf format: video language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/19/Days%20of%20the%20Week%20Song.mp4 format: video language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/20/Time%20and%20dailly%20activities.mp4 format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/21/Lampiran%20PowerPoint.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/22/Lampiran%20Instrumen%20Keterampilan.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/23/Lampiran%20Instrumen%20Pengetahuan.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/24/Petunjuk%20Penentuan%20Skor%20Keterampilan%20%28FIX%29.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/25/Ulangan%20Harian%201%20-%20Bahasa%20Inggris%20VII%20%28FIX%29.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/26/1%20-%20Lembar%20Observasi%20Sosial%20-%207A.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/27/1%20-%20Lembar%20Observasi%20Sosial%20-%207B.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/28/1%20-%20Lembar%20Observasi%20Sosial%20-%207D.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/29/3%20-%20Daftar%20Nilai%20Pengetahuan%20-%207A.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/30/3%20-%20Daftar%20Nilai%20Pengetahuan%20-%207B.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/31/3%20-%20Daftar%20Nilai%20Pengetahuan%20-%207D.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/32/4%20-%20Daftar%20Nilai%20Keterampilan%20-%207A.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/33/4%20-%20Daftar%20Nilai%20Keterampilan%20-%207B.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/34/4%20-%20Daftar%20Nilai%20Keterampilan%20-%207D.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/35/Format%20Observasi%20Kelas%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/36/Laporan%20Dana%20Pelaksanaan%20PPL%20%28FIX%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/43509/37/Lampiran%20Dokumentasi.pdf identifier: Ghazie Arsalan Syihaabullah, Ghazie Arsalan Syihaabullah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.