%T Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kompetensi Manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bolon, Colomadu, Karanganyar. %D 2016 %I UNY %A Azizah Rahmawati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja yang dilakukan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bolon, Colomadu, Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua/wali murid dan masyarakat sekitar di MI Muhammadiyah Bolon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan akurasi data, digunakan metode triangulasi data. Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja yang dilakukan kepala Sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi manajerial di MI Muhammadiyah Bolon, Colomadu, Karanganyar sesuai dengan 16 indikator standar kompetensi manajerial yang ditetapkan dalam peraturan menteri, yaitu: (1) penyusunan program sekolah; (2) pengorganisasian sekolah; (3) pemberdayaan sumber daya sekolah dan sumber daya manusia; (4) pengelolaan sekolah; (5) budaya dan iklim sekolah; (6) pengelolaan guru dan staff; (7) pengelolaan sarana dan prasana; (8) hubungan sekolah dan masyarakat; (9) pengelolaan siswa; (10) pengembangan kurikulum; (11) pengelolaan keuangan; (12) ketatausahaan sekolah; (13) unit layanan khusus sekolah; (14) sistem informasi sekolah; (15) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi; (16) mentoring, evaluasi dan pelaporan. Kepercayaan masyarakat terhadap MI Muhammadiyah Bolon dibangun melalui program sekolah sesuai keinginan dan harapan masyarakat, event sekolah, membangun brand sekolah, ciri khas sekolah. %K kepala sekolah, kompetensi manajerial %L UNY43485