TY - RPRT Y1 - 2014/// N2 - raktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 1 Klaten. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas. Kegiatan observasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan PPL ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasi. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Klaten, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VIIA, VIII B dan VIII C. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media power point, audio dan audio video sedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupa Question Student Have, Talking Stick, STAD, diskusi, tanya jawab, dan kuis. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Seperti kurangnya fasilitas media pembelajaran berupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) dan speaker pada semua kelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tidak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. A1 - FAJAR ARDHIAN YUDIANTO, FAJAR ARDHIAN YUDIANTO PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta M1 - project_report ID - UNY43481 TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 KLATEN AV - public KW - PPL KW - dan mengajar UR - http://eprints.uny.ac.id/43481/ ER -