relation: http://eprints.uny.ac.id/4344/ title: Transformasi Gagasan Masyarakat Kewargaan (Civil Society) Melalui Reformasi Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia (Studi Pengembangan Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Era Reformasi) creator: Samsuri, Samsuri subject: Sejarah subject: Sejarah Modern subject: Pendidikan (Umum) subject: Pendidikan Dasar subject: Pendidikan Menengah subject: Sejarah Pendidikan subject: Kurikulum dan Teknologi Pendidikan subject: Mata Kuliah Umum subject: Pasca Sarjana subject: Pendidikan IPS subject: Pra Sekolah dan Sekolah Dasar subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar subject: Kewarganegaraan dan Hukum description: Gerakan reformasi politik nasional Indonesia pasca-1998 telah membuka peluang perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara di segala bidang. Di bidang pendidikan nasional, gagasan masyarakat kewargaan (civil society) memiliki arti penting dalam pembaharuan pendidikan kewarganegaraan yang sejalan dengan sistem politik demokratis. Penelitian ini dilakukan untuk menggali dan melacak seluruh proses dan produk pengembangan kurikulum pendidikan kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menemukan upaya kebijakan pendidikan nasional di Indonesia mentransformasikan gagasan masyarakat kewargaan melalui pengembangan dan implementasi pendidikan kewarganegaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah era reformasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumenter. Wawancara dilakukan terhadap sejumlah informan yang terlibat dalam proses pembuatan kebijakan pendidikan, terutama pendidikan kewarganegaraan. Kajian dokumenter dilakukan terhadap sumber-sumber primer maupun sekunder. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) gerakan reformasi telah mempengaruhi gagasan konstruksi masyarakat kewargaan; (2) penyusunan karakter masyarakat kewargaan melalui reformasi pendidikan kewarganegaraan menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan sama sekali tidak bisa dipisahkan dari lingkungan politik yang melatarinya, sehingga kebijakan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia pun sangat kuat dipengaruhi oleh nilai-nilai dari sistem politik yang tengah berlangsung; (3) transformasi gagasan masyarakat kewargaan demokratis yang dijabarkan dalam reformasi pendidikan kewarganegaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menekankan kepada pembentukan kompetensi kewarganegaraan demokratis. date: 2010-12-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/4344/1/disertasi%20samsuri%202010-A.pdf identifier: Samsuri, Samsuri (2010) Transformasi Gagasan Masyarakat Kewargaan (Civil Society) Melalui Reformasi Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia (Studi Pengembangan Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Era Reformasi). S3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. relation: http://www.uny.ac.id