%0 Journal Article %A Joko Santoso, M.Hum. %A LPPM UNY, %D 2010 %F UNY:43402 %J Artikel PPM Prioritas Fakultas %K pelatihan, buku teks, guru bahasa Indonesia %T PELATIHAN PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PARA GURU SMP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/43402/ %X Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan penulisan buku teks bahasa Indonesia bagi para guru sekolah menengah pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta . Untuk mencapai tujuan itu, metode yang digunakan ialah pelatihan dan lokakarya. Di samping itu, metode pendidikan orang dewasa (andragogi) diterapkan dengan memanfaatkan model pendekatan proses. Metode ini dipilih agar peserta bisa mengalami setiap langkah proses penulisan buku teks sesuai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapinya di sekolah. Kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kegiatan ini diikuti oleh 21 guru SMP di Yogyakarta. Peserta berhasil mewujudkan 5 buku teks pelajaran bahasa Indonesia untuk SMP yang disusun secara kelompok berdasarkan permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi di sekolah. Semua buku teks telah dipresentasikan dalam diskusi dan sudah diperbaiki berdasarkan saran dari tim PPM dan peserta yang lain. Sebagian besar peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Mereka merasa telah mendapat pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan. %Z Laporan Akhir PPM Prioritas Fakultas 2010