%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran di Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Depok. Pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, pemeliharaan dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala laboratorium, ketua kompetensi keahlian, kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan sarana prasarana, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, bagian perlengkapan, teknisi dan laboran, untuk guru administrasi perkantoran dan peserta didik di Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Depok dengan teknik snowball sampling. Hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa pengelolaan laboratorium dirinci sebagai berikut: 1) Perencanaan pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan melakukan rapat koordinasi; 2) Pengorganisasian di laboratorium administrasi perkantoran ditandai dengan adanya pembagian tugas pokok dan fungsi sebagai pengelola laboratorium; 3) Kegiatan pengadministrasian sarana prasarana tidak habis pakai dilaksanakan oleh bagian perlengkapan sekolah dengan menginventaris dan memberi kode barang, sedangkan untuk sarana habis pakai dimasukkan ke daftar pemasukan barang; 4) Untuk pengadministrasian barang di laboratorium dilakukan oleh kepala laboratorium. Pemeliharaan dilakukan setiap ada laporan kerusakan dan ketika akan ada ujian kompetensi keahlian dan untuk kebersihan dilakukan oleh siswa sebelum pembelajaran dimulai; 5) Dalam hal pengawasan, pengelola laboratorium berkoordinasi dengan guru-guru mata pelajaran praktik di laboratorium administrasi perkantoran. Kata Kunci : Pengelolaan, Laboratorium , Administrasi Perkantoran %D 2015 %T PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 DEPOK %A Kurniati Kurniati %I Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY43370