%0 Thesis %9 S1 %A Amus, Donatus Kulung %B Jurusan Pendidikan Luar Biasa %D 2016 %F UNY:43347 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PEMBELAJARAN FINGER PAINTING PADA ANAK AGRESIF DI SEKOLAH LUAR BIASA PRAYUWANA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/43347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran finger painting pada anak agresif di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Finger painting dianggap mampu meningkatkan kepercayaan diri dan dapat digunakan secara maksimal untuk mengekspresikan diri anak dengan perilaku agresif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran finger painting pada anak agresif di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta tahapannya meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan yang dilakukan oleh guru yaitu guru mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembelajaran finger painting pada anak agresif di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru memberikan contoh cara melakukan finger painting dengan menempelkan alas tempat melukis di papan lukis. Pada tahap evaluasi guru memberikan penguatan positif, motivasi, dan reward. Guru mengumpulkan hasil karya anak dan memberikan pujian kepada anak yang berhasil melakukan finger painting dengan rapi. Pembelajaran menggunakan finger painting dianggap berhasil karena mampu membuat siswa tenang dan lebih fokus serta mudah dikendalikan.