@phdthesis{UNY43141, year = {2011}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENGAWETAN DI SMK NEGERI 1 PANDAK, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA (Studi Kasus SMK Negeri 1 Pandak Kelas X Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 1)}, author = {ANGGRAYNI YESSI}, month = {November}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I. Yogyakarta. 2). Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran pengawetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Case Study (Studi Kasus). Objek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 1 Pandak, bantul, D.I. Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dengan sub variabel adalah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dari penilaian siswa menggunakan angket, yang berupa angket tertutup dengan model skala likert. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran pengawetan berada diantara kategori baik (33,3\%) dan tidak baik (30\%). 2) Faktor internal motivasi belajar dengan kategori baik yaitu faktor fisiologis dengan persentase 56,7\%. faktor eksternal motivasi belajar dengan kategori baik, yaitu; faktor sosial pada motivasi belajar siswa dengan persentase 46,7\% dan faktor nonsosial pada motivasi belajar siswa dengan persentase 36,7\%. Sedangkan faktor motivasi belajar siswa dengan kategori tidak baik yaitu faktor internal motivasi belajar dengan faktor psikologis pada persentase 36,7\% dan faktor eksternal motivasi belajar dengan faktor pendekatan belajar pada persentase 36,7\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/43141/} }