@phdthesis{UNY43106, school = {UNY}, year = {2010}, month = {October}, title = {Keefektifan Penggunaan Siaran Televisi dan Radio dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Berita Peserta Didik SMP}, author = {Rini Damayanti}, url = {http://eprints.uny.ac.id/43106/}, keywords = {siaran televisi dan radio, keterampilan menulis, berita}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan siaran televisi, radio, dan koran dalam proses pembelajaran keterampilan menulis berita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan melalui tes pada tiga kelompok pembelajaran menulis berita, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan siaran televisi atau radio dan satu kelompok kontrol yang menggunakan metode sesuai dengan kebiasaan mengajar guru dengan menggunakan media koran yang dibacakan oleh guru di depan kelas. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri di kota Yogyakarta. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIE SMP Negeri 2 Yogyakarta, kelas VIIIA SMP Negeri 13 Yogyakarta, dan VIIIE SMP Negeri 16 Yogyakarta. Instrumen penelitian adalah tes menulis berita yang telah diuji coba di SMP Negeri 15 Yogyakarta dengan Alpha 0,626. Teknik analisis data menggunakan Anava dan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis berita peserta didik yang diajar dengan siaran televisi dan radio, (sig (p) = 0,017 {\ensuremath{<}} 0,05); (2) ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis berita peserta didik yang diajar dengan siaran televisi dan koran, (sig (p) = 0,001 {\ensuremath{<}} 0,05); (3) ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis berita peserta didik yang diajar dengan siaran radio dan koran, (sig (p) = 0,002 {\ensuremath{<}} 0,05); dan (4) ada perbedaan keefektifan penggunaan siaran televisi, radio, dan koran dalam peningkatan keterampilan menulis berita peserta didik (Fh = 24,279 {\ensuremath{>}} Ft (0,05) = 3,44). Pembelajaran menulis berita dengan menggunakan siaran televisi paling efektif dibandingkan siaran radio dan koran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan guru dapat memanfaatkan siaran televisi sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis berita yang lebih efektif dibandingkan penggunaan radio dan koran.} }