TY - THES UR - http://www.pjkr_uny.com Y1 - 2012/07/13/ A1 - Mishbah Nur Jofa Suhardi PB - FIK ID - UNY4310 M1 - skripsi AV - public TI - PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP KINERJAMAHASISWAPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGANPROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI DI LOKASI SMA SE- KABUPATEN BANTUL TAHUN 2011 EP - 116 N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pendidikan jasmani terhadap kinerja mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY di Lokasi SMA Se-Kabupaten Bantul Tahun 2011.Penilaian persepsi guru pendidikan jasmani ini berdasarkan empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatifdengan menggunakan metode survei.Sampel dalam penelitian ini adalah guru pembimbing PPL pendidik jasmani SMA Se-Kabupaten Bantul sebanyak 24 orang. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan uji validitas per butir instrumen menggunakan rumus Product Moment dari Karl Person dan uji realibitas menggunakan rumus Alpha Cronbachdan diperoleh koefisien sebesar 0,981. Teknik analisis data mengguanakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap kinerja mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi di Lokasi SMA Se-Kabupaten Bantul Tahun 2011 masuk dalam kategori cukup baik sebanyak 14 orang (58,33%), dalam kategori baik sebanyak 5 orang (20,83%), dan dalam kategori kurang baik sebanyak 5 orang(20,83%). Sementara hasil kategori per faktor antara lain kompetensi pedagogik berada dalam kategori cukup baik sebanyak 16 orang (66,67%), kompetensi kepribadian berada dalam kategori cukup baik sebanyak 16 orang (66,67%), kompetensi profesional berada dalam kategori cukup baik sebanyak 17 orang (70,83%), dan kompetensi sosial berada dalam kategori cukup baik sebanyak 17 orang (62,50%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap kinerja mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi di Lokasi SMA se-Kabupaten Bantul Tahun 2011 berkategori cukup baik. Kata kunci ;persepsi, kinerja, kompetensi ER -