eprintid: 43070 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1187 dir: disk0/00/04/30/70 datestamp: 2016-11-03 00:33:44 lastmod: 2019-01-30 11:38:19 status_changed: 2016-11-03 00:33:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Nuri title: PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PEMBELAJARAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SDN JOLOSUTRO BANTUL ispublished: pub subjects: D8 divisions: fip_ktp full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kuartet pembelajaran budaya Indonesia yang layak digunakan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDN Jolosutro Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg&Gall sembilan tahapan. Subjek uji coba ialah siswa kelas IV SDN Jolosutro Bantul tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi serta ahli media dan angket siswa. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media kartu kuartet pembelajaran budaya Indonesia telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan pengembangan Borg&Gall. Media kartu kuartet pembelajaran budaya Indonesia telah dinyatakan layak. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi materi yang dilakukan mendapatkan kategori “sangat baik” (3,8). Validasi media yang dilakukan mendapatkan kategori “sangat baik” (3,9). Uji coba media dilakukan 3 tahap dengan hasil uji coba lapangan awal mendapatkan kategori “layak” (0,97), uji coba lapangan utama mendapatkan kategori “layak” (0,93), dan uji coba lapangan operasional mendapatkan kategori “layak” (0,95). date: 2016-10-31 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Pendidikan thesis_type: skripsi citation: Handayani, Nuri (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PEMBELAJARAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SDN JOLOSUTRO BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/43070/1/Nuri%20Handayani_12105244005.pdf