TY - THES UR - http://www.pjkr_uny.com M1 - skripsi N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui media bilah bambu dan papan kotak pada siswa kelas IV SD Negeri Sawangargo Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Subyek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Sawangargo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 18 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Hasil Penelitian pada siklus 1 pertemuan ke-1 perhatian dan keaktifan siswa 80,56% dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 77.22%, pada pertemuan ke-2 perhatian dan keaktifan siswa 82.41% dan siswa yang mencapai KKM 55.56%, pada pertemuan ke-3 perhatian dan keaktifan siswa 81.26% dan siswa yang mencapai KKM 66.68%, pada pertemuan ke-4 perhatian dan keaktifan siswa 87.50% dan siswa yang mencapai KKM 77.22%, hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil pretes yaitu siswa yang mencapai KKM 37.04% dari ketentuan KKM sekolah yaitu 70. Kata Kunci : Pembelajaran, Lompat jauh, Media bilah bambu dan papan kotak. A1 - Nuruddin PB - FIK TI - PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA BILAH BAMBU DAN PAPAN KOTAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAWANGARGO KABUPATEN MAGELANG AV - public ID - UNY4306 Y1 - 2012/07/11/ EP - 103 ER -