TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, pendidikan orang tua, dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi bagi siswa kelas XI SMA N 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 360 siswa. Sampel diambil sebanyak 175 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel motivasi belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi (2) Variabel pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi (3) Variabel teman sebaya berpengaruh positif terhadap minat melanjukan perguruan tinggi (4) Variabel motivasi belajar, pendidikan orang tua, dan teman sebaya berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi. Berdasarkan koefisien determinasi (Rē) sebesar 0,194 atau 19,4% dapat diartikan bahwa 19,4% variabel minat melanjutkan perguruan tinggi dipengaruhi oleh 3% untuk variabel motivasi belajar, 3% untuk variabel pendidikan orang tua, 13% untuk variabel teman sebaya. Sedangkan sisanya sebesar 80,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: motivasi belajar, pendidikan orang tua, teman sebaya, dan minat melanjutkan perguruan tinggi. Y1 - 2016/10/21/ A1 - Budisantoso, Ilham PB - Fakultas Ekonomi ID - UNY43037 M1 - skripsi TI - PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PENDIDIKAN ORANG TUA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XI SMA N 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/43037/ ER -