%L UNY43036 %A Ika Farita Sari %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Mlati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-D SMA Negeri 1 Mlati, berjumlah 32 orang. Objek penelitian adalah reward, punishment, motivasi belajar, dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pemberian reward berupa pujian, penghormatan, pemberian hadiah, dan tanda penghargaan. Pemberian punishment berupa punishment preventif dan punishment represif. Peserta didik yang mencapai KKM pada awal siklus I adalah 31,25% dan pada akhir siklus II adalah 87,5% sehingga terjadi peningkatan dari awal siklus I hingga akhir siklus II sebesar 56,25%. Persentase motivasi belajar peserta didik pada awal siklus I adalah 70,31% dengan kategori motivasi belajar baik dan pada akhir siklus II persentase motivasi belajar peserta didik 88,12% dengan kategori motivasi belajar sangat baik. Terjadi peningkatan persentase motivasi belajar dari awal siklus I hingga akhir siklus II sebesar 17,81%. Dengan demikian hasil penelitian dari awal siklus I hingga akhir siklus II menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat 17,81% dan hasil belajar peserta didik meningkat 56,25% dalam pembelajaran ekonomi kelas X-D SMA Negeri 1 Mlati setelah diberikan tindakan dengan pemberian reward dan punishment dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar, Hasil Belajar %I Fakultas Ekonomi %D 2016 %T PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MLATI