@phdthesis{UNY43012, month = {October}, title = {Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Sleman.}, author = {Rizal Nasrul Efendi}, school = {UNY}, year = {2016}, keywords = {evaluasi, Standar Proses, Kurikulum 2013, pembelajaran IPA}, abstract = {Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Standar Proses Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Sleman terbagi ke dalam tiga tujuan, yaitu mengetahui: 1) kesesuaian pembelajaran IPA di Kabupaten Sleman dilihat dari perencanaan dengan standar proses K-13, 2) kesesuaian pembelajaran IPA di Kabupaten Sleman dilihat dari pelaksanaan dengan standar proses K-13, dan 3) kesesuaian pembelajaran IPA di Kabupaten Sleman dilihat dari penilaian dengan standar proses K-13. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Pengumpulan data dilakukan pada 5 guru yang mengampu mata pelajaran IPA kelas VII untuk masing-masing sekolah pilot project dan 246 peserta didik kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket guru, angket peserta didik, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen terlebih dahulu dilakukan uji validitas dengan analisis v?aiken dan uji terbatas dengan analisis SPSS versi 20 dan Quest. Analisis data penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif-kuantitatif. Data kuantitatif dengan uji z-score dan t-score. Data kualitatif sesuai dengan analisis Miler \& Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan yang disusun oleh guru dalam pelaksanaan standar proses K-13 dalam pembelajaran IPA kelas 7 SMPN di Kabupaten Sleman sudah cukup tinggi berdasarkan hasil analisi t-score yaitu bernilai 46,60, (2) pelaksanaan standar proses diterapkan dalam proses pembelajaran IPA kelas 7 SMPN di Kabupaten Sleman sudah berjalan cukup tinggi berdasarkan hasil analisis rata-rata t-score yaitu bernilai 51,87. Hasil nilai rata-rata t-score ini diperoleh dari hasil analisis lembar angket guru dengan nilai t-score 54,17, hasil analisis lembar angket peserta didik dengan nilai t-score 51,43, dan hasil analisis lembar observasi dengan nilai t-score 50,29, dan (3) penilaian yang dilakukan oleh guru dengan standar proses K-13 dalam pembelajaran IPA kelas 7 SMPN di Kabupaten Sleman sesuai berdasarkan hasil analisi t-score yaitu bernilai 45,56 dengan kategori cukup tinggi dan persentase nilai keseluruhan peserta didik sebesar 60,5\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/43012/} }