%0 Thesis %9 S1 %A Wina, Sri Irmaya %B Fakultas Teknik %D 2014 %F UNY:43011 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T Pengaruh Program Remedial dan Iklim Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 3 Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/43011/ %X Pengaruh Program Remedial dan Iklim Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 3 Yogyakarta Oleh: Wina Sri Irmaya 08501241026 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui (1) pengaruh program remedial terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh iklim kelas terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh program remedial dan iklim kelas terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X dan XI kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 3 Yogyakarta sebanyak 263 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 159 siswa ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) program remedial berpengaruh secara negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan kontribusi sebesar 2,7%, (2) iklim kelas secara negatif yang signifikan berpengaruh prestasi belajar siswa dengan kontribusi sebesar 4,8%, (3) program remedial dan iklim kelas secara bersama-sama berpengaruh secara negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan kontribusi sebesar 4,9%. Interpretasi data menunjukkan peningkatan atau penurunan prestasi belajar ditentukan oleh faktor pelaksanaan program remedial dan iklim kelas yang terbentuk sebesar 4,9%, dengan 95,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Kata kunci : program remedial, iklim kelas, prestasi belajar.